widgeo.net

Laman

Sabtu, 09 Juli 2016

Disaster At Tenerife

Musibah Tenerife terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 pukul 17:06 waktu setempat (juga GMT), ketika dua Boeing 747 bertabrakan di Bandar Udara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, menewaskan 583 orang. Kecelakaan ini masih merupakan peringkat tertinggi kehilangan nyawa manusia dalam sejarah penerbangan.

Saat itu PAN AM penerbangan 1736 Boeing 747-100 dan KLM Royal Dutch Airlines penerbangan 4805 Boeing 747-200B Dialihkan ke Bandar Udara Los Rodeos Tenerife

Taxi dan persiapan lepas landas
Mengikuti instruksi menara, KLM dibersihkan untuk taksi panjang penuh landasan pacu dan membuat 180 ° berubah untuk masuk ke posisi lepas landas. [15] Sementara KLM itu backtaxiing di landasan pacu, controller bertanya awak pesawat melaporkan saat itu siap untuk menyalin clearance ATC. Karena awak pesawat sedang melakukan checklist, menyalin izin ini ditunda sampai pesawat berada di posisi lepas landas dari Runway 30. [16]
Tak lama kemudian, Pan Am diperintahkan untuk mengikuti KLM di landasan yang sama, keluar dengan mengambil keluar ketiga di sebelah kiri mereka dan kemudian menggunakan taxiway paralel. Awalnya, awak tidak jelas apakah controller telah memberitahu mereka untuk mengambil jalan keluar pertama atau ketiga. kru meminta klarifikasi dan controller merespon tegas dengan membalas: "Yang ketiga, Pak, satu, dua, tiga, ketiga, sepertiga". Awak mulai taksi dan melanjutkan untuk mengidentifikasi taxiway ditandai menggunakan diagram bandara ketika mereka mencapai mereka. [17]
Para kru berhasil diidentifikasi pertama dua taxiway (C-1 dan C-2), tapi diskusi mereka di kokpit tidak pernah mengindikasikan bahwa mereka telah terlihat pada taxiway ketiga (C-3), yang mereka telah diperintahkan untuk menggunakan. [18]Tidak ada tanda-tanda atau tanda-tanda untuk mengidentifikasi keluar landasan pacu dan mereka dalam kondisi visibilitas miskin. Pan Am kru tampaknya tetap yakin posisi mereka di landasan sampai tabrakan, yang terjadi di dekat persimpangan dengan taxiway keempat (C-4). [19]
Sudut taxiway ketiga akan diperlukan pesawat untuk melakukan pergantian sekitar 148 °, yang akan mengarah kembali menuju apron utama masih ramai.Pada akhir C-3, Pan Am harus membuat yang lain 148 ° gilirannya untuk melanjutkan taxi menuju awal landasan pacu. Taxiway C-4 akan diperlukan dua 35 ° bergantian. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Jalur Pilot Air (ALPA) setelah kecelakaan menyimpulkan bahwa membuat kedua 148 ° gilirannya pada akhir taxiway C-3 akan "sebuah kemustahilan praktis". [20] perhitungan kinerja selanjutnya dan tes taksi dengan Boeing 747 mematikan di persimpangan sebanding dengan C-3 di Tenerife, sebagai bagian dari penyelidikan Belanda, menunjukkan bahwa kemungkinan besar belokan bisa saja dibuat. Laporan resmi dari pihak berwenang Spanyol menjelaskan bahwa controller menginstruksikan pesawat Pan Am untuk menggunakan taxiway ketiga karena ini adalah jalan keluar yang paling awal bahwa mereka bisa ambil untuk mencapai bagian terhalang taxiway paralel

Pilot KLM kapten Jacob Veldhuyen Van Zanten telah membuat kesalahan komunikasi
pada saat itu kapten van zanten setelah memutar 180 derajat van zanten langsung menambah power tetapi kopilot Klass Meurss Mengingatkan bahwa belum ada izin dari menara control van zanten menjawab tidak aku tahu coba silakan minta!
ini transcipt dari KLM ATC dan PAN AM

V=Van Zanten
K=Klass Meurss
W=Enginer Willem
VP=Victor Grubss
R=Robert Bragg
G=George W
ATC=Air Traffic Controler

K:WAIT THE MINUTE WE DONT HAVE AN ATC CLEARENCE
V:I KNOW THAT GO AHEAD ASK
V:KLM 4805 WE ARE NOW READY FOR TAKE OFF AND WAIT FORM ATC CLEARENCE
ATC:KLM 4805 YOU ARE CLEARED TO PAPA BEACON CLIMB AND MAINTAIN FLIGHT LEVEL 090 RIGHT TURN AFTER TAKE OFF TURN RIGHT HEADING 040 UNTIL INTERCEPTING THE THREE TWO FIVE RADIAL FROM LAS PAMAS VOR
V:YESSSS!!!
K:AH ROGER SIR WE ARE CLEARED TO PAPA BEACON CLIMBFLIGHT LEVEL 90 INTERCEPTING THREE TWO FIVE WE
V:WERE GOING LETS GO CHEECK THRUST
K:THREE TWO FIVE WE ARE NOW AT TAKE OFF
VP:NO!!!
ATC:STAND BY FOR TAKE OFF I WILL CALL YOU
R:AND WERE STILL TAXING DOWN IN THE RUNWAY THE CLIPPER 1736
ATC:PAPA ALPHA 1736 REPORT RUNWAY CLEAR
VP:OKAY WE REPORT RUNWAY CLEAR
ATC:THANK YOU
W:ITS NOT CLEARED THAN
V:WHAT DO YOU SAY?
W:IS NOT CLEARED IS PAN AMERICAN?
V:OHH YESS (EMPHATIC)
VP:I THINK ITS MOVING
R:YEAH ITS MOVING
VP:I THINK ITS MOVING
R:YEAH ITS MOVING
VP:THERE HE IS GODAMM THAT SON OF BITCH IS COMING SEEN AT US
R:GET OFF GET OFF GET OFF GET OFF GET OFF GET OFF
V:GODDAMINT OH SHIT

(SOUND COLLISION)

1 komentar:

silahkan tinggalkan pesan